Monday, July 6, 2009

Fungsi Alluminium Foil Pada Bangunan


Pada siang hari suhu di dalam bangunan atau rumah seringkali mudah terasa lebih panas. Hal ini disebabkan perpindahan panas radiasi dari sinar matahari yang diterima atap kemudian diteruskan ke bawah bagian palfon (langit-langit) rumah. Di bawah terik matahari siang suhu di bagian atap dapat mencapai 70 derajat celcius.
Solusi untuk hal ini, salah satunya adalah penggunaan Aluminium Foil. Metode terbaik untuk memblokir sebagian besar panas adalah dengan memasang Aluminium Foil dibawah atap bangunan serta dengan memasang ventilasi yang memadai untuk atap.
Installation on Roof House (Web)
Fungsi Aluminium Foil tersebut sebagai Isolasi Atap Bangunan, terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air serta freon. Sehingga aman dan ramah lingkungan. Dan juga membantu menahan dan memantulkan panas sinar matahari masuk ke rumah.
Selain itu Alumunium Foil pada rangka atap juga berfungsi melindungi kebocoran akibat tampias air hujan dan embun, melindungi plafond dari kerusakan / melengkung karena cuaca panas, membuat plafon bersih dan bebas debu, dan praktis karena mudah pemasangannya.
Menurut data, ternyata pada awalnya Aluminium Foil bukan sebagai penahan panas, Aluminium Foil lebih banyak dipakai sebagai penahan tampias atau kebocoran atap dari hujan. Tapi, kemudian dikembangkan juga sekaligus sebagai penepis panas. Di sejumlah negara bahan bangunan ini banyak dijadikan pilihan penepis radiasi panas. Salah satunya Australia, di negeri ini standar bangunan yang layak ditempati adalah yang menggunakan Isolasi Aluminium Foil.

Aluminium Untuk Atap
Jenis Alumunium Foil pada Rangka Atap
Terdapat dua jenis umum Aluminium Foil yang sering digunakan pada konstruksi atap, khususnya rangka atap baja ringan, yaitu single side (satu sisi) dan double side (dua sisi). Untuk Aluminium Foil single side ditandai dengan hanya permukaan atasnya yang mengkilap berlapis Aluminium Foil. Sementara yang double side berarti kedua sisinya berlapis Aluminium Foil sehingga terlihat mengkilap pada kedua sisi. Keduanya memiliki fungsi yang sama.
Aluminium Foil double side dapat dijadikan sebagai material pendukung tampilan artistik di sejumlah bangunan, misalnya untuk mendapatkan tampilan ruangan dengan atap ekspose. Selain karena kekuatan juga karena kerapihan yang akan terlihat dari bawah. Aluminium Foil yang single side juga bisa digunakan tetapi harus berbahan dasar plastik karena lebih kuat dan terlihat rapi.

No comments:

Post a Comment